Kota Sabang [Aceh] - Menembus Batas Indonesia



25 comment
Sabang [Pulau Weh] - Pantai Iboih
Kota Sabang bukan sekedar batas ujung barat negeri Indonesia, tapi juga merupakan sebuah kepulauan yang sangat indah, kota ini berada di Pulau Weh [disebut juga Pulau Sabang], wilayah kepulauan Sabang sendiri meliputi Pulau Weh, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, Pulau Klah, dan Pulau Seulake.. sejak tahun 2011 kemarin dinas pariwisata Indonesia bekerja sama dengan persatuan olahraga layar dunia mengadakan suatu kegiatan pelayaran internasional yang disebut "Sabang International Regatta". program internasional ini menjadi sarana promosi wisata kota Sabang, rute pelayaran yang ditempuh adalah start dari Phuket [Thailand], kemudian ke Lengkawi [Malaysia], dan finish di Sabang [Indonesia]. Sabang International Regatta ini berlangsung setiap tahun. Sabang memang terletak di posisi strategis karena berbatasan langsung dengan wilayah 3 negara asia yaitu: Thailand, Malaysia, dan India.

di Sabang terdapat sebuah monumen "Tugu Nol Kilometer Sabang" yang merupakan tempat titik awal perhitungan wilayah Indonesia. ya, Sabang memang merupakan pintu gerbang negeri Indonesia di wilayah bagian barat -mungkin fakta inilah yang menginspirasi R. Suharjo untuk mencipta sebuah lagu berjudul "Dari Sabang Sampai Merauke". dari Tugu Nol Kilometer ini kita bisa menyaksikan pemandangan laut yang membatasi wilayah NKRI dengan negera tetangga.. akan lebih istimewa jika kita melihatnya pada saat matahari terbenam [sunset] -bayangkan saja, menyaksikan matahari tenggelam di ufuk barat, dari batas wilayah paling barat negeri ini.. seperti melepas kepergian matahari dari bumi pertiwi menuju negeri antah berantah.. :)

Sabang terkenal dengan wisata baharinya, Pulau Weh memiliki garis pantai berpasir putih yang eksotis, ditambah lagi pemandangan bawah laut yang menakjubkan menjadikan Sabang sebagai tempat yang spesial untuk diving. berbagai jenis ikan dan terumbu karang menghiasi perairan Sabang, keindahan taman bawah laut Sabang bahkan disebut-sebut tidak kalah dari Taman Bawah Laut Bunaken yang merupakan salah satu Taman Nasional. pulau-pulau di kepulauan Sabang juga memiliki hutan yang masih hijau alami, berlayar ke pulau-pulau kecil di kepulauan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. beberapa tempat menarik di Sabang adalah Pantai Gapang, Pantai Iboih, Tugu Nol Kilometer Sabang, Danau Aneuk Laot, Pantai Rubiah [Pulau Rubiah], dll.

Sabang [Pulau Weh] - Pantai Gapang
Sedikit catatan sejarah kota Sabang, sejak 1890an, Sabang telah menjadi Zona Perdagangan Bebas / Pelabuhan Bebas yang dikelola oleh pemerintah kolonial dan menjadi pusat pengembangan ekonomi di kawasan asia. bahkan lebih ramai daripada pelabuhan internasional Singapura saat itu.. namun pada Perang Dunia ke-2 Sabang hancur oleh serangan Jepang, setelah itu aktifitas di Sabang mulai sepi.. Pengembangan di mulai lagi pada tahun 2000, namun sebagai Zona Perdagangan Bebas / Pelabuhan Bebas kota ini masih kalah dari Pulau Batam. pada tahun 2004 Sabang selamat dari bencana Tsunami, hal ini membuat Sabang menjadi sangat penting karena merupakan kota transit jalur udara dan air bagi pengiriman bantuan nasional dan internasional untuk korban Tsunami di wilayah Aceh.. setelah itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata gencar mempromosikan Sabang sebagai tujuan wisata.

Informasi Wisata Kota Sabang
Akses : Dari Pelabuhan Ulee Lheu [Banda Aceh] langsung menuju Pelabuhan Balohan [Pelabuhan Bebas Sabang]. bisa menggunakan Kapal Ferry dengan jarak tempuh 2 jam, atau menggunakan Speedboat dengan jarak tempuh 45 - 60 menit.

bagian dalam Tugu Nol Kilometer Sabang

25 comment:

Asis Sugianto at: March 20, 2012 at 6:25 AM said...

sabang ini perbatasan indonesia yach sobat...

Bung Penho at: March 20, 2012 at 7:23 AM said...

dari pic nya udah bikin gue pengen mandi berenang sob! mantap dach.

Anak Rantau at: March 20, 2012 at 8:00 AM said...

Pulau weh, sangat terkenal di buku2 pelajaran. Kapan yah bisa kesana hehehe...

Peduli AlamKu at: March 20, 2012 at 11:38 AM said...

dulu saya kira ga ada artinya, hanya sebuah lagu. ternyata nama kota ya

cerita anak kost at: March 20, 2012 at 12:04 PM said...

ouuuu. tugu nol ada disini ya, ane denger tu di trans yang nayain tugu nol. ternyata pulau we ini ya... menaik sekali sepertinya.

Rama Arif Maulana at: March 20, 2012 at 12:25 PM said...

wah nice info sob :)
jadi makin tau tentang sabang nih

Kumpulan Informasi at: March 20, 2012 at 12:43 PM said...

Oh jadi Pulau we = sabang ya?

Master Software Mobile at: March 20, 2012 at 1:38 PM said...

Pulau nya bagus banget sob...

Ririe Khayan at: March 20, 2012 at 2:12 PM said...

Menyentuh Tugu Nol Kilometer Sabang-----One of my dream..#kapan ya?

agusbg at: March 20, 2012 at 2:31 PM said...

pantai gapang terlihat sejuk ya.. di tempat saya ada pantai mas namanya pantai onaria ketapang LamSel, ngggak tertarik neh..? hehe..

KangFarhan at: March 20, 2012 at 2:43 PM said...

wow...indah banget... aceh punya ya... Indonesia gitu lohhh...hehehe...
sip semangat terus aceh

masChandra at: March 20, 2012 at 2:44 PM said...

indah banget ya bumi aceh... moga makin makmur dan aman ya sob... amiin

ale kaleng at: March 20, 2012 at 4:45 PM said...

^^ aceh,, tempat lahirnya pejuang2 kuat!!

Ideini.Com at: March 20, 2012 at 5:05 PM said...

Wahh,,pengen jalan jalan kesitu juga jadinya, tapi belum ada dana,,hehe
but nice inpo sob :)

Aldio Blog at: March 20, 2012 at 7:41 PM said...

wah pulaunya indah bngt, jadi pngn ksana ane :D

bopfive5 at: March 20, 2012 at 7:56 PM said...

klow di foto indah yahh,,aslinya juga indah kan he he..

javaica at: March 20, 2012 at 8:36 PM said...

bener-bener keren.. jadi pengen kesana

applausr at: March 20, 2012 at 10:53 PM said...

cantik ya... saya kok belum pernah melihat sabang.. ternyata indah ya... layak di kunjungi nih..

Asis Sugianto at: March 21, 2012 at 5:37 AM said...

mampir lagi sobat menyambung silahturahmi...

BlogS of Hariyanto at: March 21, 2012 at 10:01 AM said...

sudah lama saya niat berkunjung wisata ke Sabang..mudah-mudahan bisa terkabulkan suatu hari nanti :)

haris widodo at: March 21, 2012 at 11:08 AM said...

gambar yang nomor satu itu kelihatannya di ambil oleh photografer profesional.. benarkah??

Lensa at: March 21, 2012 at 8:52 PM said...

Dari sabang samapai Merauke berjajar pula-pulau... eh maaf jadi nyayi :)
Saya nggak tau kapan bisa ke sana.
Ngiler pengen ke sana
Nice post

Meulek-Ict at: March 25, 2012 at 7:50 AM said...

nice infonya sob, pengen sih ke sana, cuman sayang ga punya biayanya

Blog Panik at: April 7, 2012 at 5:41 PM said...

wahh wah, menarik2 banget nih tempat wisatanya kang brooo. Ajibb dah

agam at: April 7, 2012 at 7:56 PM said...

mampir lagi di blog sobat sekedar nyambung silaturrahmi..

Post a Comment

newer post older post
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...